• AmanDariCOVID19

Belanja Aman Dengan Aplikasi ‘Makin Dekat’


(Foto: Dok. Rachmawad Wahjoe)

Untuk mengurangi laju penularan COVID-19, Pemerintah Kota Denpasar memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM). Namun, masyarakat tetap dapat berbelanja kebutuhan sehari-hari melalui aplikasi ‘Makin Dekat’. Sebuah platform baru yang menghubungkan penjual dan pembeli dalam radius 5-10 km.




Seiring dengan pemberlakuan PKM mulai tanggal 15 Mei hingga 15 Juni 2020, pemerintah bergerak melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan keamanan berniaga. Seperti dilaporkan Antara News, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kota Denpasar melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada para penjual di 20 pasar rakyat. Beberapa contoh protokol kesehatan dalam berniaga adalah menjaga jarak antrian paling tidak 1.5 meter, wajib memakai masker, pelindung wajah, dan sarung tangan karet serta menjaga higienitas produk-produknya.


Dengan terbatasnya ruang gerak masyarakat selama masa PKM, Badan Kreatif (BEKRAF) Kota Denpasar meluncurkan platform ‘Makin Dekat’ yang dapat diakses melalui www.makindekat.com - sebuah solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari tanpa harus keluar rumah.



Selain itu, aplikasi ini bertujuan untuk mendukung perputaran roda perekonomian masyarakat agar tetap berjalan selama masa PKM dan masa pandemi. Aplikasi ‘Makin Dekat’ menyediakan informasi mengenai toko, warung, atau usaha rumahan dalam radius 5-10 km. Dengan menggunakan aplikasi ini, masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus keluar rumah dan berkerumun atau berdesak-desakan di toko dan warung.


Cara penggunaan aplikasi ini sangat mudah, pembeli hanya perlu masuk ke website www.makindekat.com atau menginstal langsung di smartphone. Pembeli dapat memilih langsung produk yang diinginkan mulai dari makanan, bahan pokok, bumbu, minuman, hingga air galon. Setelah memilih produk yang diinginkan, pembeli dapat langsung menghubungi penjual melalui nomor WhatsApp yang tertera.



Yang luar biasa dari aplikasi ini adalah, pedagang yang mendaftar ke website tersebut tidak dipungut biaya apapun alias GRATIS. Dan mereka yang memesan juga bisa langsung menghubungi pedagang dengan harga standar jualan warung mereka.


  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube