• AmanDariCOVID19

Korona/COVID-19: Bagaimana cara menjelaskannya ke anak-anak?

Seluruh lapisan masyarakat terkena dampak virus Korona. Orang dewasa dan remaja tentunya bisa mengerti mengapa kita harus mengubah perilaku dan kebiasaan-kebiasaan kita sehari-hari dalam masa pandemi ini, namun beda halnya dengan anak kecil. Kita sebagai orang dewasa bertanggung jawab untuk menjelaskan tentang situasi virus ini ke anak-anak kita.



Tutorial untuk guru, orang tua, kakek nenek, dan kakak tentang Korona/COVID-19


Anak-anak memiliki kemampuan belajar yang luar biasa. Selama masa kanak-kanak, memori anak-anak dapat merekam banyak informasi dan pengalaman yang akhirnya menjadi dasar prinsip hidup mereka. Situasi saat ini yang disebabkan oleh virus Korona tentunya sulit untuk kita semua, namun bagaimana cara anak-anak kita akan melewati periode ini bergantung pada kita. Kita bertanggung jawab untuk membimbing mereka di situasi ini dan memastikan mereka bisa melaluinya tanpa stres, ketakutan, atau kebingungan. Tugas kita adalah untuk memberi pengertian ke anak-anak tentang apa yang sedang terjadi, bagaimana kita bisa membantu dan berkontribusi, pentingnya untuk kita semua mematuhi aturan dan melindungi diri sendiri maupun orang lain. Kita harus menyampaikan informasi ini semua dengan jelas dan jujur, dan sesuai dengan usia dan level intelektual mereka. Berbicaralah dengan bahasa yang gampang mereka pahami. Semoga berhasil!

Apa yang dapat Anda katakan ketika siswa, anak, cucu, adik, murid, atau anak kecil di lingkungan Anda bertanya:


Apa itu virus dan apa yang bisa mereka lakukan?


Virus adalah makhluk atau partikel kecil yang ada di mana-mana di lingkungan kita. Ukuran mereka sangat kecil namun jumlah mereka sangat banyak, kira-kira seperti angka yang nolnya ada 30. Karena ukuran mereka yang sangat kecil, mereka bisa hinggap dimana saja. Tetapi virus tidak dapat bertahan hidup atau berkembang biak dengan sendirinya, mereka perlu tinggal di sel tertentu dan mereka punya cara sendiri untuk hinggap di sel tersebut. Ibaratnya seperti tamu yang tidak diundang. Virus membutuhkan sel asing untuk hidup dan berkembang biak. Contohnya, sel di hewan atau tubuh manusia. Ketika mereka berada di luar tubuh induknya, mereka bertahan hidup dengan melindungi diri mereka dalam kapsul kecil yang namanya “virion”. Misalnya, mereka bisa pindah dari satu orang ke orang lain melalui udara. Mereka bisa bertahan hidup di tangan yang kotor. Pada saat mereka berhasil masuk ke tubuh seseorang, mereka akan langsung pindah ke sel-selnya lagi. Beberapa jenis virus sebenarnya tidak berbahaya untuk manusia, tapi ada beberapa jenis yang bisa menyebabkan penyakit, contohnya virus Korona.



Apa yang membuat virus Korona begitu istimewa?


Virus Korona memiliki karakteristik tertentu yang menyebabkan penyakit yang mirip seperti penyakit flu. Ada sebagian orang yang terjangkit virus Korona namun tidak merasa sakit atau demam. Tapi ada sebagian orang yang bisa menjadi demam, merasa lemas, dan batuk-batuk ketika virus Korona berhasil memasuki paru-paru mereka. Jika ini terjadi, orang-orang ini harus dirawat di rumah atau bahkan di rumah sakit. Penyakit yang disebabkan oleh virus Korona dinamakan COVID-19: Penyakit virus Korona pertama kali ditemukan pada tahun 2019. Satu hal yang sangat berbahaya tentang virus Korona adalah penyebarannya yang sangat gampang dan cepat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, virus ini dapat dengan mudah berpindah dari satu sel ke sel lain, contohnya melalui udara ketika seseorang bersin. Ketika satu orang terkena virus ini, orang-orang di sekitarnya akan menjadi rentan untuk terkena virusnya juga. Jika satu orang yang sakit batuk atau bersin, virus yang ada di dalam dirinya akan terbang dan pindah ke orang lain yang berada di sekitarnya. Orang-orang lain ini bisa tertular dan bisa menularkan virusnya lagi kepada siapa saja yang berinteraksi atau berada di dekat mereka. Maka dari itu, satu orang bisa dengan tidak sengaja menularkan ke banyak orang. Ketika suatu virus menyebar dengan cepat dan menularkan ke banyak orang seperti ini, itu disebut epidemi atau pandemi. Maka dari itu, penting sekali untuk kita menjaga kesehatan dan melindungi diri kita sendiri.



Bagaimana kita bisa melindungi diri kita


Coba bayangkan, virus Korona bisa menyebar dengan cepat dan masuk ke tubuh orang melalui tetesan-tetesan kecil yang tidak bisa terlihat. Maka dari itu sangatlah penting untuk melindungi diri kita dari tetesan-tetesan yang tidak terlihat ini, yang bisa saja keluar dari mulut orang ketika dia sedang berbicara dengan kita atau bersin dan batuk. Dalam satu tetesan bisa ditemukan banyak sekali virus. Masalahnya, tetesan-tetesan ini tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Tentunya akan lebih gampang untuk menghindari tetesan-tetesan ini jika berwarna hijau dan gampang dilihat, namun sayangnya tidak. Kita harus bersikap seolah-olah mereka adalah monster kecil yang tak terlihat. Lindungi dirimu seolah-olah mereka ada di sekitar kita walaupun kita tidak bisa melihatnya dengan cara:


  • Mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun. Sabun sangat efektif untuk membunuh virus dan bakteri yang ada di tangan dan tubuh kita.




  • Jika tidak ada sabun dan air di sekitar kita, bersihkan tangan kita dengan cairan desinfektan yang juga efektif untuk membunuh virus Korona.

  • Menerapkan pola hidup sehat. Kebiasaan hidup sehat dapat kita lakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur dan buah, agar sistem kekebalan tubuh kita dapat terjaga dengan baik. Berikan penjelasan kepada anak-anak kita, bahwa jika kita memiliki kekebalan tubuh yang baik, kita tidak akan mudah terserang virus maupun bakteri.

  • Ketika bersin atau batuk, tutuplah mulut dan hidung dengan bagian dalam siku, jangan dengan tangan. Virus Korona dapat menyebar melalui tetesan-tetesan yang tidak terlihat ketika seseorang batuk atau bersin. Banyak orang yang bersin dan batuk tanpa menutup hidung dan mulutnya, dan banyak juga orang yang menutup hidung dan mulutnya dengan tangan mereka ketika bersin atau batuk. Kedua kebiasaan ini berpotensi menyebarkan virus dengan cepat. Mari kita membiasakan diri dengan menutup hidung dan mulut dengan siku lengan ketika bersin atau batuk. Virus akan mengering dan mati di area ini sebelum sempat untuk berpindah ke permukaan lain. Jika bersin dan batuk sambil menutup menggunakan tangan, ingatlah untuk segera mencuci tangan tersebut dengan air dan sabun sebelum menyentuh permukaan lain.



  • Menggunakan masker untuk menutup hidung dan mulut kita adalah salah satu cara paling ampuh untuk mencegah penyebaran virus. Masker berfungsi untuk menahan tetesan-tetesan kecil yang keluar dari mulut kita supaya tidak hinggap di orang lain, dan juga melindungi diri kita dari kemungkinan masuknya tetesan-tetesan yang mengandung virus dari orang lain ke tubuh kita melalui mulut atau hidung kita.




  • Menjaga jarak fisik minimum 2 meter dengan orang lain juga sangat membantu untuk mencegah penyebaran virus, karena virus ini tidak akan bertahan lama di udara.

  • Cara yang terbaik adalah menghindari kerumunan orang banyak atau berkumpul dengan orang lain. Hindari keluar rumah jika tidak ada keperluan penting. Dengan cara ini, virus ini tidak bisa berpindah-pindah dengan cepat dari satu orang ke orang lain. Jika diharuskan, pergi ke luar rumah dan berkumpul dengan orang lain dilarang. Situasi ini dinamakan “karantina”.

  • Sangatlah penting untuk mengikuti aturan-aturan ini dengan disiplin. Semua orang termasuk anak-anak dan orang dewasa harus mematuhinya dengan baik.



Saya takut. Bisakah sesuatu terjadi pada kita?


Jangan khawatir. Sebagian besar orang tidak terkena virus Korona. Kita bisa melindungi diri kita dengan mengikuti aturan-aturan di atas. Sebagian besar orang mungkin sakit untuk sementara waktu dan pulih. Terkadang lebih sulit untuk orang tua, seperti nenek dan kakek. Maka mereka harus istirahat di tempat tidur dalam waktu yang cukup lama dan terkadang di rumah sakit. Karena itu, yang terbaik adalah tidak tertular virus Korona sama sekali. Sekarang kalian mengerti mengapa dan bagaimana kita bisa mengatasi virus Korona ini. Intinya, kita akan lakukan segala macam cara untuk mencegah perpindahan virus ini ke tempat-tempat dia bisa menyerang. Namun kita juga butuh bantuan kalian untuk mengikuti aturan-aturan di atas supaya kita bersama bisa berhasil mengalahkan virus ini.


Mengapa kita tidak pergi ke TK/sekolah sekarang?


Ketika anak-anak tidak berkumpul bersama, tidak bermain bersama, dan tidak berpegangan tangan, virus Korona tidak memiliki banyak kesempatan untuk pindah dari satu teman sekolah ke teman sekolah lainnya. Sama halnya dengan orang dewasa. Siswa-siswa yang lebih tua pun tidak pergi ke sekolah sekarang. Orang dewasa seperti ibu dan ayah, mereka tetap harus pergi bekerja dan berbelanja, tetapi sambil berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga jarak dengan orang lain. Dan tentu saja mereka juga mencuci tangan sesering mungkin, dan menutupi hidung serta mulut mereka dengan masker ketika bepergian.





Siapa yang mengurus semuanya?


Setiap negara memiliki pemerintahan. Pemerintahan adalah kumpulan beberapa orang dewasa yang pintar dan terpilih untuk menjalankan negara kita. Pemerintah Indonesia berkonsultasi dengan para dokter dan ilmuwan untuk menerapkan aturan khusus yang harus kita patuhi saat ini untuk melindungi diri kita dari virus Korona. Ini adalah aturan-aturan yang akan membantu kita mengatasi virus ini. Maka dari itu, penting sekali untuk kita semua untuk memahami apa yang sedang terjadi dan bagaimana kita harus berperilaku berbeda dari biasanya.



Apa yang akan terjadi selanjutnya?


Biasanya, situasi seperti ini hanya berlangsung selama beberapa bulan. Jadi kita masih harus mengikuti aturan dan menjaga satu sama lain untuk sementara ini, mungkin sampai akhir bulan Mei atau awal bulan Juni. Apakah kamu masih punya pertanyaan lain? Jangan takut untuk menanyakan apa saja, kapan saja. (Orang tua atau pendidik, Anda dapat mengirimkan komentar kepada kami).



Misi kami dengan Green-Books.org adalah untuk mendidik anak-anak Indonesia tentang lingkungan hidup dan menginspirasikan mereka untuk hidup sehat dan selaras dengan alam. Bantu kami mencapai tujuan kami dengan berbagi secara online dan memberikan donasi di sini.

Jika Anda seorang pendidik, kami punya beberapa program menarik untuk Anda: Kurikulum eco-education dan pelatihan untuk pendidik (PELITA – Pendidikan Pelestarian Lingkungn Sekitar). by petr

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube